5 Cara Agar Anak Suka Makan Buah dan Sayuran

Cara Agar Anak Suka Makan Buah dan Sayuran

KEPOIN.ID – Cara Agar Anak Suka Makan Buah dan Sayuran, Kiat dan Cara Atasi Anak Susah Makan Sayuran, Kenapa anak-anak tidak suka makan sayur dan buah-buahan terdapat banyak sekali penyebabnya. Ketika anda saat meletakkan makanan di tempat meja anak anda akan berekspresi tersenyum entah marah. Tips sederhana agar anak suka makan sayur-sayuran yaitu perkenalkan sejak dini makanan apa yang bersifat sayur yang sehat dan Namun terkadang faktor orang tua yang mempunyai kebiasaan menyimpan ataupun seringkali lupa menyediakan buah, menjadikan anak-anak kurang terbiasa memakan buah-buahan. Sementara untuk memakan sayuran, anak-anak sangat sulit dibiasakan.

Masa pertumbuhan anak-anak tidak boleh dilewati begitu saja tanpa orang tua memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh mereka. Buah memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sama banyaknya seperti sayuran. Untuk itulah alasan mengapa anak-anak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah lebih banyak setiap harinya. Terlebih jika mereka sangat minim untuk memakan sayuran. Lalu seperti apa kiatnya berikut ulasannya:

5 Cara Agar Anak Suka Makan Buah dan Sayuran

1. Sajikan Makanan Favorit Anak Anda
Cari tahu apa makanan favorit anak Anda dan gantilah beberapa bahan dengan sayuran saat memasak. Anda dapat tambahkan sayuran saat menyiapkan makanan favorit anak Anda seperti smoothie, kue, pizza, lasagna, spaghetti dan bahkan es krim. Dengan begitu anak susah makan sayuran tersebut mulai suka menyantap sayuran dengan makanan favoritnya.

2. Variasikan asupan makanan
“Anak-anak perlu memakan buah setiap hari,” ujar Deane. “Buah-buahan merupakan sumber yang kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan serat, yang dapat membantu mengurangi resiko kanker, penyakit jantung, obesitas pada anak dan diabetes tipe 2.”

Untungnya, kebanyakan anak-anak menyukai buah, paling tidak awalnya. Gigi susu anak-anak membuat buah lebih menarik untuk dikonsumsi daripada sayuran. Sementara nutrisi yang baik terdapat di dalam buah dan sayuran.

BACA JUGA:  Tips & Kiat Merawat Gigi dan Mulut Sehat dengan Benar

Sangatlah menyenangkan bahwa anak-anak yang sangat pemilih dalam makanan mereka mempunyai pilihan lain yang seimbang selain sayuran. Dengan kata lain, buah-buahan tidak hanya mengandung vitamin C saja, mereka juga mengandung nutrisi yang sama seperti sayuran.

Seperti contoh, misalnya, setengah buah mangga memiliki kandungan vitamin A dua kali lebih banyak dibandingkan dengan sayur brokoli. Secangkir buah beri memiliki kandungan serat 2 kali lebih banyak dibandingkan dengan kacang polong. Intinya adalah variasi. Cara terbaik untuk mendapatkan asupan penuh nutrisi adalah dengan mengkonsumsi “pelangi” buah.

3. Tawarkan Mereka Macam-macam Sayuran
Pada awalnya, anak Anda mungkin menolak sayuran yang Anda sajikan di atas meja namun hal ini tidak berarti Anda harus berhenti menawarkan sayuran pada anak susah makan tersebut. Sebaliknya, Anda harus terus menyajikan sayuran setiap waktu makan. Jika anak Anda terbiasa melihat sayuran di atas meja, nanti mereka mungkin akan menyukai sayuran.

4. Ajak anak Anda Siapkan Makanan dan Berikan Contoh yang Baik
Anda dapat melakukan hal ini dengan membiarkan anak Anda mengambil atau memilih sayuran segar di supermarket. Di rumah, Anda dapat meminta dia untuk mencuci sayuran yang Anda butuhkan untuk memasak. Dengan cara ini, anak Anda akan lebih tertarik pada sayuran yang telah mereka siapkan sebelumnya.

Artian Beri Contoh yang Baik adalah dengan menunjukkan pada anak Anda bahwa Anda juga menikmati makan sayuran. Jika mereka melihat Anda melakukan hal tersebut setiap waktu makan, anak sulit makan sayur tersebut akan penasaran dengan apa yang Anda makan dan akhirnya mereka akan makan sayuran yang Anda sajikan.

5. Tawarkan Makanan Dengan Sayuran Saat Anak Anda Merasa Sangat Lapar
Setelah pulang sekolah, kemungkinan anak Anda akan makan hampir semua yang Anda sajikan di atas meja. Jadi, ini adalah saat yang tepat untuk memperkenalkan burger atau sandwich dan smoothie, milk shakes atau es krim dengan bahan dari sayuran. Dan juga Tambahkan Topping Atau Sajikan Dengan Olesan Topping seperti mentega dengan sebentuk wajah tersenyum dapat menambah rasa dan warna pada sayuran. Satu olesan mayones atau saus juga dapat menarik minat anak susah makan sayur tersebut, terutama jika bentuk topping tersebut adalah sesuatu yang disukainya.

BACA JUGA:  9 Cara Ampuh dan Alami Menghilangkan Karang Gigi dengan Cepat

Tambahan: Biarkan Anak Anda ‘Main’ Dengan Sayurannya
Anak-anak suka bermain dengan apa yang mereka percayai, jadi mengapa tidak memasukkan sayuran ke dalam permainan yang mereka sukai ini? Biarkan mereka berpura-pura menjadi dinosaurus yang perlu makan brokoli untuk mendapatkan kekuatan super dan berlari lebih cepat dari T-rex. Permainan dengan imajinasi ini bisa menjadi awal yang baik agar anak susah makan sayur itu mulai menyukai sayuran. Langkah-langkah ini hanya langkah awal agar si anak susan makan sayuran menjadi menyukai makan sayuran. Anda akan menemukan berbagai jalan lainnya dan juga sayuran favorit anak Anda.

Jika semuanya gagal, ajaklah anak Anda untuk menonton Bugs Bunny. Tidak pernah ada anak yang tidak suka wortel setelah menonton Looney Tunes!

About TeBe 32 Articles
Salam Kepo. KEPO-in Merupakan Situs yang mengulas tentang berbagai Informasi yang ada di belahan dunia entah itu Berita, Teknologi, Kesehatan, Gaya Hidup dan Berbagi Resep Kue serta Makanan. Semua Informasi yang KEPO-in dapatkan bersumber dari Situs Terpercaya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*